Mengenal Olah Raga Extreme Slackline

Pada saat ini olah raga slackline sangat populer dan banyak disukai oleh pegiat olah raga extreme terutama di negara-negara besar seperti Amerika, German, Jepang dll bahkan slackline ini sudah masuk dan populer di Indonesia.


Apa itu slackline?

Slackline merupakan salah satu olah raga ekstrim asal Amerika yang sudah ada sejak 82 tahun yang silam. Waktu itu, mereka masih menggunakan wire baja. Slackline modern sendiri baru populer di tahun 2009 dan masuk ke Indonesia pada 2012 silam yang dipopulerkan oleh komunitas Pushing Panda dari Bandung. 



Pada dasarnya Slackline adalah sebuah olah raga yang menjaga keseimbangan di atas sebuah tali. Ada bebrapa cabang dari oleh raga slackline diantaranya trikline, longline, waterlining, dan highline. 
Trickline merupakan kegiatan slackline dengan berbagai atraksi dan trik dengan tingkat kesulitan yang beragam, sama hal nya dengan waterlining hanya saja waterlining  dilakukan di atas air. Sedangkan longline dan highline merupakan kegiatan slackline berjalan diatas seutas tali. Perbedaannya, longline hanya berjalan diatas tali dengan jarak yang cukup jauh mulai dari 40m, 100m bahakan bisa nyampe 300m dan biasanya dilakukan ditempat terbuka seperti lapangan. Tapi kalau Highline sendiri hanya berjalan diatas seutas tali kaya sirkus yang kita bahas tadi, tapi dengan ketinggian yang ekstrim. Agar bisa melakukan olah raga slackline tentunya butuh keahlian khusus dan konsentrasi yang tinggi untuk dapat melakukanya.



artikel terkait : "tutorial slackline"




Banyak trik yang bisa dilakukan dalam olah raga slackline, diantaranya ada butt bounce, chest bounce, mojo, track stand, 360 (Three Sixty), front flip dan back flip. Untuk melakukan trik menggunakan tali khusus yaitu Trickline Webbing yang tingkat elastisnya lebih lentur.


Tali yang digunakan untuk bermain olah raga slackline banyak jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh untuk pemula biasanya menggunakan tali besik yang tingkat elastisnya lebih rendah dan untuk trikline sendiri tingkat elastisnya lebih lentur. Sedangkan tali yang digunakan dalam kegiatan longline dan highline menggunakan tali keras dan bentuknya lebih kecil mirip dengan tali webbing yang biasa di jual di toko-toko outdor.

Saat ini sudah ada beberapa komunitas slackline di Indonesia yang aktif diantaranya: Pushing panda, Bandung Slacklines, Aeroline Cimahi, Slackline of Southern Soreang, Freeslack Crew Surakarta, Indoslackline Purwokerto, Namek Slackline Jogja, Indo Slackline Jakarta, 3V Slackline bali, Slacklines Bali, Surabaya Slackline, Crex Borneo, dan Pasline dari Tasikmalaya.
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Follow
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger